Fungsi Dinamo Motor Fan Pada AC Split


Dutajayaservice.com - Fungsi Dinamo Motor Fan Pada AC Split. Jika Anda belum membaca artikel yang kemaren pengertian dan fungsi thermistor AC. Maka postingan kali ini adalah lanjutan dari kemaren. Sehingga saya rekomendasikan untuk membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Masih di seputar komponen-komponen pada AC split, kali ini kita akan membahas salah satu komponen tersebut, yaitu fungsi dinamo motor fan pada AC split. Alat ini terletak di bagian dalam unit AC ( Indoor ), sehingga silahkan baca juga bagian-bagian pada unit indoor AC.

Pengertian Dinamo Motor Listrik

Motor listrik ialah sebuah alat mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Juga sebaliknya, dari energi mekanik menjadi tenaga listrik. Alat elekrtronik rumah tangga lainnya yang menggunakan motor listrik seperti mesin cuci, pompa air, kipas angin, blower AC, dan lain sebagainya. Baca dari sumbernya mengenai motor listrik.

fungsi dinamo motor fan pada ac split

Sedangkan pada blower kipas fan AC,  adalah jenis motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi makanik. Sehingga menghasilkan pergerakan. Pergerakan tersebut di fungsikan untuk mengerakan blower / baling-baling kipas fan, sehingga dari hasil putaran itu di gunakan untuk membuang hawa panas pada outdoor, dan hawa dingin pada evaporator indoor.

Arus listrik yang di gunakan pada dinamo fan indoor tersebut kebanyakan menggunakan arus DC ( searah ). Namun, ada beberapa merk  AC yang menggunakan arus AC ( bolak-balik ). Di dalam dinamo tersebut menggunakan kumparan atau lilitan tembaga seperti motor dinamo pada umumnya.

Untuk bisa mengerakan blower kipan, motor dinamo pada AC harus terhubung dengan pcb modul. Yang mana pada pcb modul tersebut terdapat sebuah kapasitor atau tahanan listrik. Belum mengerti apa itu pcb modul ? silahkan baca pengertian dan fungsi pcb modul pada AC split.

Selain itu, pcb modul juga berfungsi mengatur putaran kipas fan melalui signal yang di tangkap oleh sensor dari remote control. Sehingga kita dengan mudah men-setting seberapa kencang putaran kipas yang kita inginkan menggunakan remote.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, sehingga bisa kita simpulkan fungsi utama dinamo motor disini sebagai pengerak blower / baling-baling kipas fan. yang lebih tepatnya kipas fan tersebut di fungsikan untuk menyebarkan udara dingin pada evaporator keseluruh ruangan. Sedangkan pada unit outdoor, dia di gunakan untuk membuang udara panas pada kondensor.

blower kipas fan ac split

"Bagaiman kalau motor fan ini rusak tidak mau berputar ?"

Jika ini terjadi pada indoor, maka akan terjadi pembekuan es pada evaporator, sehingga AC tidak dingin. Sedangkan di unit outdoor, mesin compresor akan cepat mati karena terjadinya panas berlebih ( over heating ). Sama-sama membuang udara, namun hanya beda yang di buang dingin dan panas.

Kerusakan motor dinamo kipas fan pada AC juga bisa kenali dengan tanda-tanda sebagai berikut.

  • AC tidak dingin.
  • Kipas tidak berputar.
  • Kipas berputar namun sangat lambat putarannya walaupun sudah kita setting yang paling tinggi.
  • Outdoor AC mati hidup karena tidak bisa membuang hawa panas.

Di atas adalah pengertian singkat daripada motor listrik, dan fungsi dinamo motor fan pada AC split. Itu saja yang bisa saya sampaikan, kira bermanfaat syukur Allhamdulillah. Serta misalnya sobat ingin menambahkan silahkan sampaikan di kolom komentar. Jangan lupa besuk artikel selanjutnya kita akan membahas apa itu evaporator dan fungsinya.

No comments :

Post a Comment