Bagian Indoor AC Yang Paling Utama

Bagian Indoor AC Yang Paling Utama

Anda pengguna AC atau mungkin Anda ingin belajar tentang mesin pendingin ruangan ?
Ada baiknya mengetahui bagian indoor AC yang paling utama, yaitu yang akan saya bahas pada artikel kali ini.
Dalam sebuah AC terdapat 2 bagian unit , yaitu unit indoor dan unit outdoor. Dan pada kesempatan ini saya akan membahas bagian dalam unit indoor terlebih dahulu.
Apa sajakah itu ? berikut bagian dalam unit indoor yang paling utama.

Bagian Indoor AC Yang Paling Utama

1. Body atau chasing
Selain dingin, tentu kita menginginkan AC yang selalu gunakan juga ra dan enak di pandang, alias tidak berantakan. Nah, body indoor ini menentukan bagus dan tidaknya di AC kita lihat.
Untuk sekarang, banyak macam-macam type indoor AC , tentukan pilihan Anda sendiri yang menurut Anda bagus. Indoor AC produk zaman dulu biasanya ada garis-garis di bagian depan, namun tidak untuk kebanyakan keluaran AC di saat ini.
Tidak hanya body, peletakan AC juga punya pengaruh untuk bagus atau tidaknya bila AC kita pandang, letakkan AC yang menurut AC cocok serta tidak mengganggu beberapa barang di dekelilingnya.

2. PCB Modul

bagian indoor ac yang paling utama
PCP Modul ini sangat utama, lantaran semua system kelistrikan pada unit AC baik unit indoor ataupun unit outdoor di atur pada modul ini. Apabila Anda hendak service atau membersikan AC sisi indoor, begitu di anjurkan untuk waspada, jangan sampai air mengenai bagian modul, karena bisa menyebabkan fatal.
Untuk AC non inverter cuma ada 1 modul yakni dibagian unit indoor saja, Namun lain lagi dengan AC inverter, yakni ada 2 sisi modul yang letaknya ada di unit indoor dan unit outdoor.

3. Evaporator
Evaporator yaitu pipa tembaga yang membentunk huruf U melingkar serta di lapisi timah atau perak yang membuat seperti sirip-sirip. Manfaat evaporator yakni untuk menyimpan udara dingin yang di hasilkan oleh kerja kompresor.
Kerusakan yang umum berlangsung pada evaporator yakni bocor. jadi bila telah bocor, AC bakalan tidak dingin lantaran freon selalu habis walaupun di isi sekian kali. Sulit dalam melakukan perbaikan kebocoran freon yang terjadi di evaporator, umumnya bila juga dapat di las, kebocoran akan beralih di sampingnya dan selalu begitu. Jadi umumnya anjuran dari saya bila telah seperti ini harus ganti evaporator atau ganti unit indoor.

4. Kipas dan Motor FAN
Bagian unit indoor yang paling utama serta yang tak kalah pentingnya yaitu kipas FAN. Dalam kipas FAN indoor AC split ada 2 sisi, yakni motor FAN serta baling-baling kipas. Motor FAN yang umum memiliki arus listrik DC ini berguna untuk mengerakan baling-baling kipas. Jadi kipas FAN berguna untuk menyebarkan hawa dingin dari evaporator keseluruh ruangan.
Mungkin saja ada yang ajukan pertanyaan, apa yang terjadi jika kipas FAN ini rusak atau tidak berputar ? Jawabannya adalah jadi yang berlangsung, AC tidak dapat dingin serta bakal berlangsung pembekuan jadi es di evaporator.

5. Talang Air
 
Unit indoor AC dalam AC split ada 2 sisi talang air, yaitu talang air bagian depan dan bagian belakang. Talang air bagian depan berperan untuk menyimpan tetesan air dari evaporator depan, sedang untuk tetesan air dari evaporator sisi belakang bakal di tampung oleh sisi talang air belakang, yang lalu bakal mengalir kebagian talang depan, lantas bakal mengalir ke selang pembuangan AC lewat lubang pembuangan air.
Baca juga : 4 Penyebab Utama AC Bocor Air
Ketika Anda menservice atau bersihkan indoor AC split, saya anjurkan untuk bersihkan talang air ini, juga pembuangan air AC agar tidak berlangsung kebocoran air pada unit AC yang pastinya bakal merepotkan Anda.

Nah itu tadi artikel mengenai bagian indoor AC yang paling utama, mudah-mudahan menambah pengetahuan untuk Anda yang menginginkan belajar mengenai AC atau cuma yang menginginkan sebatas tahu bagian mana sajakah yang paling utama dalam unit indoor AC split.
Tingkalkan komentar Anda bila masih ada yang belum jelas, dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat.

No comments :

Post a Comment