Pengertian dan Fungsi PCB Modul Pada AC Split | Lengkap


Fungsi PCB Modul Pada AC Split - Seperti yang kita ketahui bersama, Air Conditioner atau AC mempunyai komponen-komponen yang bekerja sebagaimana tugasnya. Mulai dari komponen terkecil hinga yang paling besar dan penting perannya. Sehingga AC bisa bekerja dengan efisien dan maximal.

Salah satu komponen yang menarik untuk kita bahas disini adalah PCB Modul. Alat ini letaknya di indoor ( AC bagian dalam ). Bentuknya pun mirip dengan pcb elektronik pada umumnya. Namun perannya sangat penting baik pada AC ukuran kecil maupun ukuran besar.

Baca juga : Komponen AC Bagian Unit Indoor Yang Paling Utama

PCB Modul adalah sebuah rangkaian kelistrikan yang di dalamnya terdapat berbagai macam komponen elektronik. Komponen tersebut di antaranya trafo, IC ( Integrated Circuit), Elco, Resistor, Capasitor, Dioda, dan komponen-komponen elektronik lainnya.
fungsi pcb modul pada ac split

Perangnya sangat penting, karena fungsi PCB Modul pada AC split disini yaitu sebagai pengatur semua kelistrikan. Mulai dari arus listrik dari PLN masuk melalui power supplay, kemudian ke modul ini. Untuk menyalakan dan menghidupkan AC secara manual juga lewat ini, dengan tombol yang sudah di sediakan oleh produsen AC. Jika anda ingin tahu apa saja komponen pada AC, silahkan membaca artikel saya kemaren tentan komponen-komponen pada AC split.

Sensor remote control juga terhubung ke pcb modul ini. Sensor hanya perantara untuk menangkap signal dari remote saja. Sehingga bisa di katakan pusat pengoperasian kelistrikan AC terdapat pada pcb modul tersebut.

"Bagaimana jika pcb modul AC rusak ?"

Tentu AC anda tidak akan bisa di nyalakan atau bekerja jika pcb modul ini error. Kerusaknya pun di sebabkan bermacam-macam. Namun yang umum biasa di temui di lapangan, kerusakan tersebut disebabkan karena :

  1. Tersambar petir pada waktu hujan lebat.
  2. Terkena tegangan tinggi atau rendah
  3. Voltase listrik dari PLN tidak stabil, kadang kurang dari 220 Volt, kadang bisa lebih tinggi.

Untuk mengantisipasi dari kerusakan-kerusakan tersebut, di sarankan anda menggunakan penangkal petir di rumah ataupun dimana AC di pasang. Misalnya kantor, Mall, Gedung, Intansi pemerintahan, dan lain sebagainya. Disarankan juga untuk menggunakan stabilizer guna mengantisipasi adanya tegangan listrik rendah ataupun tinggi.

"Apa ciri-ciri jika AC rusak pada PCB modul ?"

Ciri-cirinya pun sangat mudah di hafal, sehingga kita sendiri dapat mengenali kerusakan tersebut tanpa harus mengerti tentang AC.

  1. Relay atau sekring putus, ini berarti ada yang konslet pada rangkaian pcb modul.
  2. AC tidak bisa di nyalakan.
  3. AC mati hidup dengan sendirinya.
  4. Ada tanda error pada display sensor.
  5. Kipas fan berputar sangat pelan walaupun kita sudah setting ke yang paling kencang.

PCB Modul ini juga bisa kita ganti asal masih dalam type yang sama. Khusus untuk AC inverter atau AC kapasitar besar seperti central, ducting modul pcb ini juga terdapat di bagian unit outdoor. Harga pcb modul ini juga bervariasi, tergantu dari model dan ukuran AC tersebut.

Jika anda mengalami masalah AC neter air, silahkan baca : Cara Mengatasi AC Bocor Air Dalam 6 Langkah Mudah

Di atas adalah fungsi pcb modul pada AC split. serta beberapa penyebab yang menjadi faktor kerusakannya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita pelajari, dan jika masih ada yang belum anda mengerti silahkan sampaikan pertanyaan melaluki kolom komentar di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dan Fungsi PCB Modul Pada AC Split | Lengkap"

  1. Untuk penggantian modul baru dengan merk ac national, estimasi harga berapa ya gan? Terimakasih

    ReplyDelete

+ Sampaikan komentar Anda dengan sopan dan tidak mengandung sara atau kriminal.
+ Untuk info lebih lanjut mengenai order silahkan hubungi melalui kontak kami.
+ Terima kasih atas kunjungan Anda di blog ini.