Cara Mengatasi AC Bocor Air Dengan 6 Langkah Mudah

Cara Mengatasi AC Bocor Air Dengan 6 Langkah Mudah


Mengatasi AC bocor air tergolong paling mudah dari berbagai masalah pada AC. Namun terasa sulit bagi kita yang tidak mengetahuinya. Kerusakan seperti ini bukanlah hal yang baru. Bisa di bilang sangat sering terjadi, bahkan saking seringnya saya kerap menerima order service AC dengan permasalahan AC netes air di bagian indoor.

Jika anda menemui masalah seperti ini pada AC anda. Saya ingatkan ini bukanlah hal yang berbahaya, namun mungkin akan sedikit menjengkelkan. Karena ruangan anda akan menjadi becek karena banyak air yang keluar dari AC.
Cara Mengatasi AC Bocor Air di Bagian Indoor

Berikut akan saya bagikan bagaimana cara mengatasi AC bocor air. Agar anda tahu langkah pertama apa yang bisa anda lakukan jika masalah tersebut terjadi pada AC milik anda. Namun sebelum itu, alangkah baiknya anda membaca artikel penyebab AC netes air di bagian indoor. Agar nanti anda bisa lebih mudah dalam menanganinya.

Cara Mengatasi AC Bocor Air Pada Bagian Indoor

Alat yang di gunakan :

  1. Obeng +
  2. Lap kering / kanibo
  3. Selang air sepanjang 5 cm, dengan salah satu unjungnya kita kecilkan

Langkah pertama # buka tutup atau casing indoor AC

Langkah kedua # Lepas talang depan pada indoor agar bisa melihat lubang pembuangan air. ( tidak perlu di lepas talang air jika lubang air kelihatan )

Langkah ketiga # Masukan selang air yang sudah kita siapkan ke lubang pembuangan air AC.

Langkah ke empat # Semprot dengan air yang mempunyai tekanan tinggi pada ujung selang yang kita masukan ke lubang pembuangan tadi. ( Ingat ! Jangan sampai air mengenai PCB modul AC )

Langkah ke lima # Bersihkan talang AC dari lendir-lendir atau kotoran yang menempel, dan pastikan pembuangan air AC lancar dari berbagai lender ataupun kotoran.

Langkah ke enam # Bereskan dan pasang kembali tutup atau casing AC.

Jika anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, bisa di pastikan AC anda sudah tidak akan bocor netes air. Kecuali jika memang bocornya karena melalui talang bagian belakang. Jadi harus di turunin indoornya dan di service atau istilahnya overhaul.


Pada intinya AC bocor air itu karena banyak kotoran atau lendir yang menyumbat selang pembuangan AC. Jadi selama instalasi pembuangan bersih AC tidak akan bocor. Maka, saya saranin untuk service / cuci AC minimal 3 bulan sekali. Anda ingin belajar merawat AC, silahkan baca artikel cara mudah merawat AC split.

Di atas adalah cara mengatasi AC bocor air dengan mudah. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda yang mengalami AC nya sering netes air. Jangan lupa bantu share di sosial media anda agar lebih banya yang tahu bagaimana menangani masalah seperti di atas.

4 comments :

  1. wah kalau tau kaya gini saya benerin sndiri kalau AC dirumah bocor, makasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mudah kan mbak cara nya ? silahkan di coba, alat yang di gunakan juga mudah di dapat. inti nya selang pembuangan air jangan sampai kotor / tersumbat biar AC tidak bocor mbak. Sama-sama semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. hmmm kalau itu sih dah biasa .. masalahnya gimana biar bisa membersihkan selang pembuangan air yang buntu dan mengakibatkan AC bocor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mr.Read CTD,,
      Caranya tentu dengan menembakan air yg mempunyai tekanan kuat ke bagian selang pembuangan tersebut, jika dengan cara tersebut tidak teratasi, mungkin tingkat kotornya sudah bandel banget, maka kita bisa langsung mengganti selang pembuangan / water drain tersebut Mr. Terima kasih

      Delete