Tips Cara Mudah Merawat AC Split

Tips Cara Mudah Merawat AC Split

Menggunakan mesin pendingin ruangan Air Conditioner (AC) untuk kenyamanan kita dalam menjalani aktivitas kita setiap hari, baik dalam bekerja di ruangan tertutup atau saat bersantai bersama keluarga di rumah, AC sudah menjadi suatu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Terlebih bagi mereka yang tinggal di lingkungan padat penduduk seperti di Daerah Ibu Kota Jakarta.

Namun, Apa tidak menjengkelkan apabila AC tiba-tiba mati atau tidak dingin disaat kita menjalani hari-hari terpanas. Dan perlu kita ketahui bahwa mesin pendingin ruangan Air Conditioner (AC) ini memerlukan perawatan rutin atau service berkala, Tapi sayangnya tidak sedikit dari banyak pengguna AC tidak mengetahui hal ini.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan berbagi sedikit tips tentang cara merawat AC. Oke. . sebelum kita lanjut, Mungkin ada yang bertanya mengapa AC harus di rawat dan apa keuntungannya ?
Di antara keuntungan mengapa AC harus di rawat atau di service ialah :
  • Mencegah kerusakan dini
  • Supaya AC tetap bekerja dengan sempurna
  • Supaya tagihan listrik Anda tidak terlalu banyak dengan adanya AC, karena apabila AC kotor juga akan memakan daya listrik yang banyak dan kerja kompresor jadi berat.
  • Supaya AC tidak bocor air.
Oke. . langsung saja mari kita simak bareng-bareng tips untuk merawat AC berikut.

Tips Cara Mudah Merawat AC Split Sendiri

1. Bersihkan filter atau saringan udara AC

Fiter udara ini terletak pada indoor AC, dan Anda bisa melakukannya ini sendiri. Ambil filter yang ada pada indoor AC dengan cara membuka tutup chasing depan indoor, kemudian cuci dengan sabun, setelah itu keringkan dan pasang kembali apabila filter sudah kering. Anda bisa melakukannya ini minimal 1 minggu sekali, supaya debu atau kotoran yang menempel tidak terlalu tebal.
cara merawat ac split
Ket : Cara mengambil filter udara AC
2. Service cuci AC rutin 3 bulan sekali.

Untuk service cuci AC disini di bagi menjadi 2, yaitu Service Unit Indoor ( AC bagian dalam) dan Service Unit Outdoor (AC bagian luar).
  • Service Unit Indoor (AC bagian dalam)
Anda bisa melakukan ini dengan cara membuka chasing atau tutup indoor, kemudian bersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya itu dengan menggunakan air bersih. Dan supaya air tidak berceceran, gunakan plastik khusus service AC.

Jangan lupa semprot saluran pembuangan air AC juga, supaya lancar pembuangannya dan tidak terjadi bocor air di kemudian hari.
cara membuka tutup ac
Ket : Cara membuka tutup AC
cara memcuci indoor ac split
Ket : Cara membersihkan indoor AC bagian depan

 
cara membersihkan indoor ac split
Ket : Cara membersihkan indoor AC bagian atas

"Ingat !!! Lakukan ini dengan berhati-hati, jangan sampai air mengenai PCB modul AC"
  • Service Unit Outdoor (AC bagian luar)
Untuk membersihkan unit AC bagian luar Anda tidak peru membongkarnya, cukup Anda semprot dengan air bagian evaporator outdoor tersebut.

Namun, apabila outdoor terlalu kotor parah, Anda bisa membuka tutupnya lalu cuci yang bersih untuk hasil maximal.

membersihkan outdoor ac split bagian depan
Ket : membersihkan outdoor ac split bagian depan 

 
Apabila Anda ingin mengerjakan perawatan AC ini sendiri, Anda harus punya motor steam yaitu mesin untuk membersihkan AC tersebut supaya tekanan air benar-benar kencang sehingga AC benar-benar bersih.

Namun, apabila Anda tidak mempunya alat tersebut, atau Anda ragu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa memakai jasa service AC yang profesional atau Anda bisa memanggil teknisi AC yang sudah handal dan ahli untuk merawat AC.

Oke. . sekian dulu untuk tutorial Tips Cara Mudah Merawat AC Split dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Dan jika ada yang kurang jelas bisa Anda tanyakan pada kolom komentar di bawah ini.
Terima kasih

3 comments :

  1. Infonya bermanfaat gan jadi semakin paham dalam merawat ac. Saya juga ada nih mengenai perawatan ac di service ac sidoarjo semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Air conditioners itself are also a ground for harmful bacteria insects and pests which may lead to illness or serious health problems. Air National HVAC

    ReplyDelete
  3. Siang bos, ac rumah bermasalah terus nih, sdh 3X tambah freon... Masih ada aja ada bunga esnya...
    Apanya yg rusak...
    Epap.. Apa selangnya perlu diganti.???

    Makasih... Du tunggu jawabannya..

    ReplyDelete