Fungsi Thermistor Pada AC Split Otomatis Pengatur Suhu

Fungsi Thermistor Pada AC Split Otomatis Pengatur Suhu


Dutajayaservice.com - Pengertian dan Fungsi Thermistor Pada AC Split. Masih dalam komponen pada unit indoor. Kali ini kita akan membahas alat pengatur suhu pada AC. Bagaimana mesin pendingin bisa bekerja otomatis menyesuaikan suhu ruangan.

fungsi thermistor pada AC split

Thermistor atau sering kita sebut thermis adalah sejenis resistor yang mana nilai tahanannya dapat berubah sesuai suhu di sekitarnya. Kata Thermistor di ambil dari Thermo berarti suhu, dan resistor ( pengukur tahanan ). Jika suhu temperatur lingkuangannya berubah, maka nilai tahanan pada alat ini juga ikut berubah.

Baca juga : Komponen - Komponen Pada AC Split

Thermistor di temukan pada tahun 1930 oleh seorang ilmuan yang bernama Samuel Ruben. Fungsi thermistor pada AC split yaitu sebagai otomatis pengatur suhu. Cara kerjanya apalabila suhu ruangan sudah mencapai suhu temperatur yang di tentukan, maka alat ini akan memutuskan arus listrik ke unit outdoor / kompresor.

Untuk mengatur suhu tersebut, kita bisa menggunakan remote control AC. Perannya pada AC pun sangat penting, karena alat inilah kompresor bisa stundby ( mati ), kemudian nyala kembali setelah suhu ruangan kembali naik. Letak thermistor AC di bagian indoor dan mempunyai soket untuk terhubung ke pcb modul.

Silahkan baca : Pengertian dan Fungsi PCB Modul Pada AC Split

Dari segi bentuknya, themistor AC ada dua macam type. Thermitor type doble yaitu satu yang menempel di evopator yang paling dingin, dan satu thermis udara atau sering di sebut mata kucing. Kemudian type single, yaitu hanya mempunyai satu kebel yang ujung sebuah resistor yang menempel pada pipa AC.

Thermistor AC
Melihat dari bentuk dan type nya pun, harga thermistor AC juga bervariasi. Tergantung dari model, type, dan kualitas alat tersebut. Ciri-ciri thermis AC rusak bisa kita kenali dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  • AC sering mati hidup sendiri.
  • Outdoor AC mati hidup.
  • Di display sensor muncul kode error. ( ini terjadi pada merk AC tertentu )
  • Lampu timer kedip-kedip.
  • Pada AC Samsung tendengar bunyi tuling-tuling saat AC mau di nyalakan. ( AC sepertinya mau nyala, tetapi tidak mau hidup )

"Bagaimana cara memperbaiki thermis AC yang rusak ?"

Jika terjadi kerusakan pada alat ini, kita bisa mengakalinya dengan cara menjauhkan thermis dari pipa yang paling dingin. Sehingga AC bisa normal kembali. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, cara yang paling tepat yaitu mengganti thermis dengan yang baru.

Baca juga : Bagian Indoor AC Yang Paling Utama

Untuk type biasanya sama antara merk AC yang satu dengan yang lain. Biasanya hanya beda pada model dan soket menghubungkan ke pcb modul. Jadi tinggal di sesuaikan saja.

Nah itu tadi sedikit tentang pengertian dan fungsi thermistor pada AC split yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat, dan pada artikel berikutknya kita akan membahas fungsi motor fan pada unit AC. Jangan sungkan menyampaikan pertanyaan melalui komentar di bawah, jika anda rasa masih ada yang belum di mengerti. Terima kasih

3 comments :

  1. Bagaimana cara untuk membatasi temperatur, misal meski di remot diset 16C tp pada AC di temperatur 20C kompresor sudah mati?? Trmksih

    ReplyDelete
  2. Apa sebab tukang AC biasamemindahkan letak termistor yg terletak pada evaporator ke posisi atas PD pipa yg lebih dingin dgn mengikat pakai kabel Ties ?

    ReplyDelete