Pengertian dan Fungsi Evaporator Pada AC Split


Sudah tahukah Anda apa fungsi evaporator pada AC split ?. Sebelumnya saya ucapkan selamat datang bagi pembaca yang baru berkunjung di blog ini. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang evaporator AC, saya sarankan untuk membaca artikel bagian-bagian komponen pada indoor AC split.

Evaporator pada AC split adalah sebuah alat untuk menampung uap dingin yang di hasilkan melalui proses refrigrasi. Proses tersebut di dapat dengan cara mengubah nilai dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Sehingga di dapatkan uap dingin.


Proses tersebut di lakukan di unit mesin kompresor, dengan bantuan bahan pendingin refrigerant ( freon ). Selain itu evaporator juga di fungsikan untuk sirkulasi gas refrigerant tersebut. Oleh sebab itu evaporator tidak boleh bocor walau sekecil apapun agar freon tidak habis terbuang.

Bahan yang di gunakan dalam pembuatan evaporator AC menggunakan tembaga dan alumunium. Pipa Tembaga yang di bentuk melingar panjang seperti huruf U, dan antara ujung yang satu dengan yang lainnya masih berhubungan. Kemudian alumunium di buat sirip-sirip untuk melindungi pipa tembaga tersebut. Selain itu sirip alumunium disini di maksudkan agar uap yang sudah menjadi air bisa langsung mengalir tepat di talang pembuangan air.


Kerusakan yang terjadi pada evaporator AC split biasanya erosi di sebabkan dari usia AC tersebut sudah terlalu lama, sehingga tejadilah kebocoran freon. Selain itu faktor yang menyebabkan kebocoran yaitu kesalahan dari pengguna sendiri yaitu terkena benda tajam. Oleh sebab itu sangat di larang menggunakan benda tajam saat membersihkan evaporator.

Pada evaporator AC ini tidak boleh kotor, karena jika itu terjadi uap dingin tidak akan bisa di sebarkan secara maximal oleh kipas fan. dan tentu hal tersebut dapat membuat tingkat kedinginan AC kurang maximal. Maka sangat di sarankan untuk selalu rutin membersihkan AC minimal 3 bulan sekali.


Jadi, bahas awam nya evaporator pada AC split berfungsi sebagai penambung hawa dingin yang di hasilkan melalui berbagai proses di kompresor. Yang nanti nya akan di sebarkan keseluruh ruangan oleh kipas fan.

Kok bisa kotor, padahal kan AC selalu tertutup ?

Kipas fan selain berfungsi untuk menyebarkan hawa dingin juga sebagai sirkulai udara pada ruangan tersebut. Sehingga debu yang kecil tidak tampak mata pun akan terhisap olehnya, kemudian menempel pada evaporator tersebut.


Nah itu lah yang bisa saya sampaikan mengenai fungsi evaporator pada AC split. Semoga apa yang saya tulis disini bisa menambah wawasan kita dalam bidang mesin pendingin ruangan. Khususnya bagi teman-teman yang sedang belajar memahami dasar - dasar system refrigerator.

No comments :

Post a Comment