Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

Mungkin merawat mesin cuci di haruskan untuk kita sebagai pengguna alat elektronik rumah tangga yang satu ini. Karena biar bagaimana pun mesin cuci adalah alat elektronik yang bisa rusak kapan saja, yang tentunya jika ini terjadi akan membuat kita jengkel. Terlebih saat pakaian kotor kita sudah menumpuk, sedangkan kita selalu mengandalkan alat ini untuk mencuci. Tentu ini sangat menyedihkan bukan ?

Seperti yang kita ketahui sekarang ini telah banyak beredar di pasaran berbagai merk dan type mesin cuci. Namun yang di pakai oleh kebanyak konsumen jenis mesin cuci 2 tabung yaitu antara pengering dan pencucinya sendiri-sendiri, dan juga jenis mesin cuci 1 tabung atau pencuci pengeringnya jadi satu. Type mesin cuci 1 tabung ini ada 2 macam, yaitu yang pintu bukaan atas ( Top Loading ) dan pintu bukaan depan ( Front Loading ).


Walaupun keduanya mempunyai perbedaan, namun dalam hal perawatan tetap sama. Hal ini disebabkan karena keduanya sama-sama fungsinya yaitu untuk mencuci pakaian. Mengapa kita harus merawat mesin cuci kita ? Ini berguna agar mesin cuci tetap dalam keadaan baik dan berfungsi sebagai mana mestinya, serta juga untuk mencegah kerusakan dini. Karena jika terjadi kerusakan tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit bukan untuk memanggil jasa service mesin cuci tersebut.
Tips Merawat Mesin Cuci
Langsung saja mari kita simak langkah apa saja yang harus dilakukan agar mesin cuci sobat lebih awet tahan lama dan tidak cepat rusak. 
 

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

  1. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Dengan Kapasitasnya
Sobat pasti pernah membaca pada spesifikasi mesin cuci terdapat tulisan 7 Kg atau 10 Kg. Ini maksudnya mesin cuci tersebut dapat mencuci pakaian seberat 7 atau 10 Kg. Jika sobat mencuci pakaian dengan berat melebihi kapasitas tersebut, tentu mesin akan berat untuk bekerja. Sehingga motor dinamo cepat atau lambat pasti mesin akan lemah.

Saran saya jangan mencuci pakaian terlalau banyak secara bersamaan. Kalau memang pakaian kotor sobat sudah menumpuk, sebaiknya lalukan 2 kali mencuci. Karena ini sering terjadi karena pengguna mesin cuci tersebut tidak sabaran lalu mencuci terlalu banyak, sehingga mesin cuci rusak.

  1. Taruh Mesin Cuci Pada Lantai Yang Datar dan Rata
Meletakan mesin cuci pada lantai yang tidak rata akan membuat putaran gear box pada mesin cuci tidak stabil. Sehingga ini akan membuat suara mesin cuci berisik, terlebih jika pada saat spin atau mengeringkan pakaian. Tentu ini akan membuat gear box cepat rusak jika terus menerus dilakukan.

Jadi pastikan posisi mesin cuci benar-benar sejajar rata antara ke empat kakinya. Sehingga putaran gear box selalu stabil dan tidak menimbukan suara yang berisik.

  1. Hindari Air Mengenai Pusat Control Mesin Cuci
Dalam hal ini maksudnya, jangan sampai air mengenai PCB Modul atau Timer. Karena mesin cuci akan bekerja dengan perintah melalui kedua alat tersebut, sedangkan kedua alat tersebut merupakan alat elektronik yang gampang rusak jika terkena air. Maka sebisa mungkin usahakan jangan sampai terkena air.

Jika ternyata masih saja terkena air, lap dengan air dan tunggu hingga kering sebelum mesin cuci mau di gunakan ya sobat. Karena pada PCB Modul atau Timer inilah pusat control mesin cuci, yang tentunya ini terdapat aliran listrik. 
 

  1. Pastikan Mesin Cuci Selalu Dalam Keadaan Bersih
Tips yang ke empat untuk merawat mesin cuci adalah rajin membersihkan mesin cuci, baik bagian dalam maupun luar. Paling tidak setelah selesai mencuci pakaian, sobat bersihkan dan keringkan. Agar mesin cuci tidak mudah berkarat yang disebabkan banyaknya genangan air.

Sobat bisa mengeringkannya dengan lap kering, kemudian setelah itu tutup dengan plastik jika mesin cuci sobat letakan di dekat kamar mandi atau rawan terkena air.

  1. Cabut Mesin Cuci Jika Tidak di Pakai
Cabut colokan mesin cuci dari stop kontak jika sudah tidak digunakan. Ini bermaksud agar aliran listrik tidak terus masuk ke mesin cuci, sehingga tidak akan terjadi konsleting jika suatu saat mesin cuci terkena air.

Nah bagaimana sobat ? Cukup mudah dan simple bukan ? hanya dengan 5 langkah saja sobat sudah bisa merawat mesin cuci dengan baik. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial sobat, agar teman-teman semua juga tahu cara merawat mesin cuci agar awet hingga 10 tahun. Jika ada yang belum jelas jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar dibawah atau langsung hubungi kontak kami.

No comments :

Post a Comment